Selasa, 31 Juli 2007

TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN


BAB I

PENDAHULUAN

A Latar Belakang

Dampak teknologi informasi dan komunikasi adalah pengetahuan bertambah berpengaruh terhadap bidang ekonomi . Perubahan ekonomi dan pengetahuan melahirkan sistem ekonomi berbasis ilmu ( Knowledge Based Economy )

Ekonomi berbasis pengetahuan menuntut tenaga kerja berkualitas dengan cirri-ciri memiliki ketrampilan tinggi, kreativitas tinggi, pengetahuan formal tinggi, memiliki kemampuan belajar terus menerus, menguasai teknologi informasi, mampu berkomunikasi secara transnasional.

Perubahan ekonomi menghenndaki persaingan semakain ketat antar anggota Asean, negara perlu keunggulan jika jika tidak akan tertinggal yang berakibat pengangguran Untuk itu perlu sumberdaya berkualitas perlu pendidikan dan pelatihan. Dan perlu pembenahan pendidikan dan untuk Indonesia masih rendah kualitas sumber daya manusianya serta masih sangat memprihatinkan dan terus menerus melorot Daya saing kita mengalami terus menurun dari tahun ke tahun disebabkan sumber daya manusia rendah terbukti tenaga kerja kita yang menempati posisi rendah ( pembantu, kuli dan lain-lain ) Untuk bersaing dalam ekonomi berbasis harus memiliki modal intelektual yang dapat dibentuk melalui pendidikan dan pelatihan berkualitas dan mampu melahirkan tenaga kerja berkualitas dan berpengetahuan ( knowledge employee ) dan membangun pengetahuan.

BAB II

ANALISYS PEMBAHASAN

Belajar agar menyenangkan dan menarik serta merangsang imajinasi dan kreativitas perlu menggunakan multi media dan multi metode yang dapat meningkatkan hasil belajar. Apabila dengan penemuan baru sistem belajar yang menggunakan komputer dan internet. Perkawinan teknologi informasi dengan teknologi audio visual menghasilkan fitur-fitur baru yang dimanfaatkan dalam pendidikan.

Pembelajaran dengan multi media memungkinkan siswa dapat mandiri dan dapat menyajikan materi-materi pelajaran yang lebih menarik. Guru dapat membuat sendiri mater-materi pelajaran dengan menggunakan multi media. Kegagalan dalam pembelajaran biasanya karena berbagai jenis hambatan dalam proses komunikasi antara siswa dan guru.yang membuat komunikasi belajar mengajar tidak berjalan secara efektif dan efisien.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu :

1. dari pelatihan ke penampilan

2. dari ruang kelas ke dimana saja dan kapan saja

3. dari kertas ke one line

4. dari fasilitas fisik ke jaringan kerja

5. dari waktu siklus ke waktu nyata

Komunikasi sebagai media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, internet, komputer, email dan sebagainya. Proses belajar mengajar tidak melalui tatap muka saja melainkan juga dilakukan dengan menggunakan media-media lain.

Guru dapat memberikan layanan tanpa harus tatap muka melainkan dapat melalui internet yang istilah sekarang yang dinamakan e-learning. Siswa dipacu untuk belajar tanpa harus dengan guru melainkan dapat mandiri melalui on line yang ada di internet.

Pembelajaran dengan menggunakan komputer sebagai media merupakan bentuk pembelajaran terprogram sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati , terencana, dan berdasarkan pada prinsip-prinsip pembelajaran.

Teknologi informasi memuat dua komponen teknologi yaitu komputer dan komunikasi. Teknologi informasi digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan antara lain :

a. SIM ( Manajemen Sistem Informasi ) ialah sebuah sistem informasi

keorganisasian yang mendukung proses-proses manajemen

segala bentuk informasi tentang sekolah, database,on line dapat diakses melalui

internet

b. E-learning ialah merupakan bentuk teknologi informasi yang diterapkan di

bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. E-learning belajar melalui

jaringan internet dan penyelenggaraannya dapat dilakukan oleh berbagai pihak,

baik sekolah atau situs-situs yang menyediakan e-learning.

c. Teknologi untuk media pembelajaran

Penggunaan multi media membantu meningkatkan hasil belajar. Beberapa

program yang dipakai dalam pembelajaran dengan teknologi informasi antara

lain : Power Point, Macromedia Director, Maple, Matchad, Macromedia Flash

Net School dan Hot Potatoes.

d. Teknologi Informasi untuk Pendidikan Life Skill

Ketrampilan menggunakan komputer merupakan salah satu kecakapan hidup

yang sangat dibutuhkan untuk bersaing dalam sistem ekonomi berbasis ilmu

pengetahuan. Kecakapan dalam mengoperasikan komputer, menggunakan

berbagai program baik aplikasi mampu bahasa pemrograman merupakan

kecakapan hidup yang bersifat spesifik vocational. Sementara ketrampilan

menggali informasi internet pada internet, mengolah dan memanfaatkannya

merupakan general life skill.

Proses pembelajaran dapat berlangsung apabila ada tiga komponen adalah guru siswa dan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran dengan IT adalah komputer. Penggunaaan komputer merupakan sarana ynag interaktif dan terprogram yang dilandasi oleh hukum. Komputer dapat berfungsi sebagai tutor, tool, dan tutee.

Pembelajaran dengan berbasis ICT berfokus pada siswa sehingga siswa belajar secara aktif dan mandiri , dengan materi sajian yang sudah terintegrasi dan relevan dengan kenyataan. Selain itu siswa dapat berpikir kritis, dan berinisiatip. Fungsi guru sebagai fasilitator , penyediaan perpustakaan dan jadwal yang terkoordinasi dengan baik.

Peran Pengajar,pengajar memantau dan mendorong kelancaran kerja, serta melakukan evaluasi terhadap efektifitas proses belajar.TI dapat berperan sentral di dalam proses pembelajaran dan dapat menyediakan ” lingkungan vertikal ” dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keterlibatan sarana fisik, sekaligus membantu menumbuhkan sikap untukbekerja. Internet dan intranet sebagai sumber informasi.

BAB III

PENUTUP

Perkembangan ilmu pengetahuan dan ekonomi menuntut perubahan sistem pendidikan nasional secara menyeluruh . Untuk itu perlu adanya peningkatan sumberdaya manusia agar terjadi perubahan kualitas pendididkan. Sebagai guru hendaknya selalu membuat inovasi dan terobosan–terobasan baru agar pendidikan menjadi lebih berkualitas. Guru perlu diadakan pelatihan work shop dan jika perlu ditingkatkan jenjang pendidikannya

Untuk menghasilka kualitas yang diharapkan sesuai dengan perkembangan teknologi seorang guru perlu belajar secara terus menerus agar tidak ketinggalan dengan negara lain.

DAFTAR PUSTAKA

1. Judul : Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran

Alamat : http://bantencerdas.net/images/articles/opini/44/artikel_ti.pdf

Penulis : Entis Sutisna ,SPd

2. Judul : Problem Based Learning Berbasis ICT

Alamat : www.warmada.staff.ugm.ac.id/Articles/pbl-ict150504.pdf

Penulis : I Wayan Warmada

3. Judul : Technology Education

Alamat : admissions.osu.edu/u-majors/pdf/technoed.pdf

Penulis : Revised

Tidak ada komentar: